Ariyani, Vivin (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKADAN KEJUJURAN SISWA MELALUI MODELPEMBELAJARAN SNOWBALL THROWINGDI KELAS IV SDN BANGETAYU WETAN 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
|
Text
cover_1.pdf Download (955kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yaitu: rendahnya pemahaman konsep matematika dan kejujuran siswa yang disebabkan beberapa faktor diantaranya siswa tidak berani bertanya pada saat tidak memahami suatu materi sehingga dalam pengerjaan tugas yang diberikan oleh guru, siswa tidak percaya diri dan cenderung untuk menyontek temannya. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kejujuran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kejujuran siswamelalui model pembelajaran snowball throwing di kelas IV SDN Bangetayu Wetan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bangetayu Wetan 01 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan kejujuran siswa ditunjukkan dengan meningkatnya kejujuran siswa pada setiap aspeknya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,19% dengan kriteria kejujuransiswa baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 86,19% dengan kriteria kejujuran siswasangat baik. Adanya peningkatan pemahaman konsep matematika pada siswa ditunjukkan dengan peningkatan hasil tespemahaman konsep matematika. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76,13 dengan presentase ketuntasan 72,5%pada kriteria baik. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82,13dengan presentase ketuntasan 87,5% pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model snowball throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kejujuran siswa di kelas IV SDN Bangetayu Wetan 01 Semarang. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Kejujuran, Model Snowball Throwing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 06:17 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 06:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5372 |
Actions (login required)
View Item |