PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI MUKTIHARJO LOR

Resqi, Milla Ana (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Abstrak_1.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Muktiharjo Lor yang disebabkan oleh rendahnya kemandirian siswa dalam belajar. Kemandirian siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat melatih kemandirian siswa dalam belajar. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah model pembelajaran yang menggunakan kartu soal dan kartu jawaban dan siswa diminta untuk mencari jawaban dari kartu yang didapat secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas yang dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Analisis data instrumen tes terdiri dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Selain itu juga menggunakan analisis data hasil tes yang terdiri dari menghitung nilai siswa, rata-rata kelas, prosentase ketuntasan belajar, dan uji gain ternormalisasi. Sedangkan untuk analisis non tes terdiri dari aktivitas guru dan skala sikap mandiri siswa. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data adanya peningkatan kemandirian siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh prosentase 63,38% dengan kriteria kemandirian cukup. Pada siklus II diperoleh prosentase 85,2% dengan kriteria kemandirian sangat baik. Sedangkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan prosentase ketuntasan kelas 70% dan pada siklus II dengan prosentase ketuntasan kelas 86,6%. Sedangkan untuk uji gain ternormalisasi pada siklus I adalah 0,22 dengan kategori peningkatan rendah dan pada siklus II yaitu 0,378 dengan kategori peningkatan sedang. Untuk data aktivitas mengajar guru dari siklus I mendapatkan prosentase 70% meningkat pada siklus II menjadi 85,6%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Muktiharjo Lor. Kata Kunci: Mandiri, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran kooperatif tipe Make A Match

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:17
Last Modified: 04 Oct 2016 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5368

Actions (login required)

View Item View Item