UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE BRAINSTORMING DI KELAS V SD NEGERI MUKTIHARJO LOR

Zuhri, Safaat (2016) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE BRAINSTORMING DI KELAS V SD NEGERI MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming pada siswa kelas V SDN Muktiharjo Lor pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kebebasan berorganisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V C SDN Muktiharjo Lor kecamatan Genuk, Kota Semarang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan tanggung jawab belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,83% dengan kriteria tanggung jawab baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 86,87% dengan kriteria tanggung jawab sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 68,75%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 90,63%. Adanya peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa yang ditunjukkan pada aktivitas guru siklus I mendapatkan persentase 80% dengan kategori baik, siklus II persentase 90% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 72,93% dengan kategori aktivitas baik, siklus II mendapat skor rata-rata 83,33% dengan kategori aktivitas sangat baik. Berdasarkan penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode brainstorming dapat meningkatkan tanggung jawab, prestasi belajar, aktivitas siswa, dan aktivitas guru di kelas V SD Negeri Muktiharjo Lor. Kata Kunci: Tanggung jawab, Prestasi Belajar, Metode Brainstorming

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:17
Last Modified: 04 Oct 2016 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5367

Actions (login required)

View Item View Item