Asriani, Isniana (2016) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DANPRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VSDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
Abstrak_1.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Cover_1.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDI Darul Huda. Siswa seringkali tidak menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan mengulur waktu sehingga tidak dikumpulkan tepat waktu, bahkan saat ulangan sebagian dari mereka masih meminta jawaban teman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDI Darul Huda Kecamatan Genuk Kota Semarang di kelas VA dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Lembar tes berjumlah 5 soal uraian pretes yang diberikan pada setiap pertemuan pertama dan postes yang diberikan pada setiap pertemuan kedua. Lembar observasi terdiri dari observasi sikap tanggung jawab siswa dan lembar observasi keterampilaan mengajar guru yang di isi pada setiap pertemuan. Sedangkan dokumentasi sebagai pelengkap dokumen. Hasil penelitiansikap tanggung jawab pada siklus I diperoleh prosentase 75,67% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II prosentasenya yaitu 86,12% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan prestasi belajar pada siklus I dengan prosentase ketuntasan 60,39% meningkat pada siklus II dengan prosentase ketuntasan 87,66%. Sedangkan untuk uji gain ternormalisasi pada siklus I yaitu 0,31 dengan kategori peningkatan sedang dan pada siklus II yaitu 0,49 dengan kategori peningkatan sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematikadi kelas V SDI Darul Huda. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 06:16 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 06:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5361 |
Actions (login required)
View Item |