PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI HARJOWINANGUN 2

Septyani, Irma (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI HARJOWINANGUN 2. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Hajowinangun 2. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS siswa pada materi koperasi dan kesejahteraan masyarakat melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Hajowinangun 2 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan PTK yang dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD data yang diperoleh pada siklus I pertemuan 1 klasifikasi baik sebanyak 7 siswa dengan presentase 21.88%, pada siklus I pertemuan 2 klasifikasi baik sebanyak 25 siswa dengan presentase 78.13%. Siklus II pertemuan 1 klasifikasi baik sebanyak 25 siswa dengan presentase 78.13%, pada siklus II pertemuan 2 klasifikasi baik sebanyak 28 siswa dengan presentase 87,50%. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 71,41 dengan ketuntasan klasikal mencapai 71,88% dengan kualifikasi ketuntasan baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 86,09 dengan ketuntasan klasikal 93,75% dengan kualifikasi ketuntasan baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi koperasi dan kesejahteraan masyarakat. Disarankan siswa hendaknya mempersiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran dan melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga kualitas dan prestasi belajar siswa meningkat. Kata kunci: rasa ingin tahu, prestasi belajar, STAD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:15
Last Modified: 04 Oct 2016 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item View Item