PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG KELAS IV SDN BANJARSARI 02

Rohman, Muh Anggi Fatkur (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG KELAS IV SDN BANJARSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Awal.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Daftar Isi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
12 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di SDN Banjarsari 02 semester 2 kelas IV tahun pelajaran 2014/2015,termasuk dalam kategori prestasi rendah dan rasa ingin tahu siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togetherdengan media teka teki silang pada siswa kelas IV SDN Banjarsari 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I diperoleh rata-rata 4,017 dengan kriteria rasa ingin tahu tinggi. Pada siklus II diperoleh rata-rata 4,33 dengan kriteria rasa ingin tahu sangat tinggi. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan prestasi. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 67,8%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan media Teka-teki silang dapatmeningkatkanrasa ingin tahu belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan prestasi belajar IPA kelas IV SDN Banjarsari 02. Saran sebagai bahan pertimbangan guru khususnya pada mata pelajaran IPA bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT perlu di kembangkan, karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci:Rasa Ingin Tahu, Aktivitas siswa, model Numbered Head Together, Teka-teki Silang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:16
Last Modified: 30 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item View Item