Yulianawati, Sri (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN KARANGDEMPEL 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
cover_1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi awal di SDN Karangdempel 01 semester 2 kelas IV tahun pelajaran 2014/2015, termasuk dalam kategori prestasi rendah dan motivasi siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan media audio visual pada siswa kelas IV SDN Karangdempel 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I diperoleh rata-rata 82,5 dengan kriteria motivasi tinggi. Pada siklus II diperoleh rata-rata 89,9 dengan kriteria motivasi sangat tinggi. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan prestasi. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 71,16%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 81,33%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperratif numbered heads together berbantuan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan prestasi belajar IPS kelas IV SDN Karangdempel 01. Saran sebagai bahan pertimbangan guru khususnya pada mata pelajaran IPS bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together perlu di kembangkan, karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Motivasi, Prestasi belajar siswa, model Kooperatif Numbered Heads Together, audio visual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 04:16 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 04:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5347 |
Actions (login required)
View Item |