PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 2 WONOSARI

Andari, Hananing Trisna Nur (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 2 WONOSARI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penulis mengemukakan beberapa masalah pada penelitian tindakan kelas ini. Tujuan diadakannya penelitian yaitu dengan menerapkanmodel Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar kognitif siswapada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gaya. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan 1 siklus dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan pengamatan/ observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Wonosari yang berjumlah 24 siswa. Adanya peningkatan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dalam setiap siklusnya. Kemandirian belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71.08% meningkat dengan rata-rata 84.30% pada siklus II. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar 91.6% dan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri 2 Wonosari. Kata Kunci:Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:16
Last Modified: 30 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item View Item