PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MOTODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM MOGA, PEMALANG

Badriyah, Nurul (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MOTODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM MOGA, PEMALANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)

Abstract

Kata Kunci : peningkatan hasil belajar, sikap belajar, motivasi belajar, dan kinerja guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam materi menulis puisi dengan menggunakan model CTL melalui metode inquiry siswa kelas VII SMP Islam Moga, Pemalang? (2) Bagaimana peningkatan sikap belajar dalam materi menulis puisi dengan model CTL melalui metode inquiry siswa kelas VII SMP Islam Moga, Pemalang? (3) Bagaimana peningkatan motivasi belajar dalam materi menulis puisi dengan model CTL melalui metode inquiry siswa kelas VII SMP Islam Moga, Pemalang? (4) Bagaimana peningkatan kinerja guru dengan model CTL melalui metode inquiry terhadap kinerja guru di SMP Islam Moga, Pemalang? Dan penelitian ini bertujuan (1) Mengukur dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam materi menulis puisi dengan menggunakan model CTL melalui metode inquiry siswa kelas VII SMP Islam Moga, Pemalang. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan sikap belajar dalam materi menulis puisi dengan model CTL melalui metode inquiry siswa kelas VII SMP Islam Moga, Pemalang. (3) Mengetahui peningkatan mendeskripsikan motivasi belajar dalam materi menulis puisi dengan model CTL melalui metode inquiry siswa kelas VII SMP Islam Moga, Pemalang. (4) Mengetahui peningkatan dan mendeskripsikan kinerja guru dengan model CTL melalui metode inquiry terhadap kinerja guru di SMP Islam Moga, Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Sampel penelitian adalah kelas VII SMP Islam Moga Pemalang dan populasinya adalah siswa kelas VIIA SMP Islam Moga Pemalang yang berjumlah 33 siswa.Variabel terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat.Pengambilan data dilakukan dengan tes formatif dan angket untuk mengukur motivasi dan sikap siswa pada saat pembelajaran.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan metode statistik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil dari penelitian tersebut adalah Pada hasil tes tes siklus I mencapai 65,3, meningkat menjadi 73,15 pada hasil tes siklus II, dan meningkat lagi pada hasil tes siklus III, yaitu menjadi 79, Demikian pula ketuntasan kelas, mengalami peningkatan dari tes siklus I yang mencapai 3,03%, meningkat menjadi 48,48% pada hasil tes siklus II, dan meningkat lagi menjadi 100% pada hasil tes siklus III. Hasil angket yang dilakukan pada siklus II adalah 64 kemudian meningkat pada siklus II 93,15 dengan hasil tersebut maka bisa disimpulkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran meningkat. Hasil angket motivasi belajar pada siklus II 71,25 menjadi 91 maka bisa disimpulkan sikap siswa pada saat pembelajaran meningkat. Kemudian dari angket kinerja guru dapat disimpulkan bahwa kinerja guru SMP Islam Moga Pemalang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan ada perubahan hasil belajar, sikap, dan motivasu belajar menggunakan model pembelajaran CTL yang telah diterapkan di kelas VIIA SMP Islam Moga Pemalang. Diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran lain supaya lebih meningkatkan hasil belajar si

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:27
Last Modified: 27 Sep 2016 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5322

Actions (login required)

View Item View Item