PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI THINK PAIR SHARE BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI LINGKARAN

Kurniawati, Vera Gani (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI THINK PAIR SHARE BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI LINGKARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Kemampuan Komunikasi, Think Pair Share, Ekspositori, Aktivitas. Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan komunikasi siswa serta perbedaan kemampuan komunikasi yang menggunakan pembelajaran Think Pair Share berbantuan alat peraga dan pembelajaran ekspositori materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman 1 Bancak tahun ajaran 2015/2016.Populasi penelitian berjumlah 82 siswa dan pengambilan sampel dengan tekhnik cluster random sampling didapat kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen, dan VIIIB sebagai kelas kontrol di SMP Islam Sudirman 1 Bancak dengan jumlah 56 siswa, untuk masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Sebelum penelitian, dilakukan uji tes soal guna mengetahui valid tidaknya soal, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran di kelas VIIIC SMP Islam Sudirman 1 Bancak. Selanjutnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari varian yang sama atau homogen. Data diambil dari nilai sebelum penelitian pada materi lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan, uji regresi nilai Sig. 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikan 0,05, Ha diterima menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas yang dikenai pembelajaran Think Pair Share berbantuan alat peraga. Uji One Sample T-test aspek kemampuan komunikasi siswa 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikan 0,05, berarti H0 ditolak yang menunjukkan bahwa kmampuan komunikasi siswa mencapai ketuntasan yaitu 75. Uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak atau Haditerima. Hal ini berarti kedua kelas mempunyai mean yang tidak sama. Karena mean kelas eksperimen lebih besar dari mean kelas kontrol, maka penggunaan pembelajaran Think Pair Share berbantuan alat peraga lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. Kesimpulan dari penelitian adalah pembelajaran Think Pair Share bebantuan alat peragaberpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematissiswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran Think Pair Share bebantuan alat peraga sebagai alternative dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:18
Last Modified: 26 Sep 2016 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item