KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT

Masrokah, Umi (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)

Abstract

Kata Kunci : Matematika Realistik Indonesia, Karakter Islami, Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh percaya diri dan kecemasan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang dikenai pembelajaran matematika realistik Indonesia berkarakter Islami lebih baik dari siswa yang dikenai pembelajaran matematika realistik Indonesia, serta mengetahui rata-rata kemampun pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran matematika realistik Indonesia berkarakter Islami mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak, yang terdiri dari 3 kelas dengan keseluruhan berjumlah 96 orang. Sampel penelitian ini adalah diambil dua kelas secara acak dari ketiga kelas yaitu kelas VII A dengan jumlah 30 siswa dan kelas VII B dengan jumlah 34 siswa. Kelas VII A sebagai kelompok eksperimen (menggunakan pembelajaran matematika realistik Indonesia berkarakter Islami) dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol (menggunakan pembelajaran matematika realistik Indonesia). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, metode dokumentsi dan metode angket. Selanjutnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari varian yang sama atau homogen. Hasil penelitian menunjukkan, percaya diri siswa diperoleh persentase sebesar 86%, kecemasan siswa diperoleh persentase sebesar 60,79%. Pada distribusi t diperoleh niai sig. Percaya diri t_hitung=8,187>t_tabel=1,697 dengan probabilitas sig. 0,000<0,05. Pada distribusi t kecemasan t_hitung=2,093>t_tabel=1,697 dengan probabilitas sig. 0,046<0,05. Ini berarti variabel percaya diri dan kecemasan mempunyai hubungan linear terhadap kemampun pemecahan masalah. Pengaruh percaya diri dan kecemasan terhadap kemampun pemecahan masalah diperoleh persamaan Y=-34,831 +1,320X_1+ 0,495X_2. nilai F_hitung=33,798>F_tabel=3,35 dengan probabilitas nilai sig. Sebesar 0,000=0%<5% dan nilai R square 0,715 = 71,5%, ini berarti 71,5% variasi yang terjadi didalam Y dapat dijelaskan oleh X_1dan X_2 melalui model regresi Y=-34,831 +1,320X_1+ 0,495X_2, sedangkan 28,5%nya dipengaruhi oleh variabel lain. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 80,10. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 67,85. Pada kelas eksperimen 80% siswa telah tuntas belajar dengan sesuai dengan batas minimal yang teah ditetapkan yaitu 75. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75% tercapai dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia berkarakter islami pada pembelajaran dapat dikatakan lebih baik dari pada hanya pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:17
Last Modified: 26 Sep 2016 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5298

Actions (login required)

View Item View Item