HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 5 SEMARANG

Hidayati, Nur (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 5 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Kata kunci : persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, minat belajar Persepsi siswa tentang pengelolaan kelas adalah pandangan siswa mengenai kemampuan guru mata pelajaran PAI dalam menciptakan kondisi belajar yang optimal dalam pembelajaranPAI. Rumusan masalah dalam penelitian iniyaitu: “Adakah Hubungannya Minat Belajar PAI Ditinjau Dari Persepsinya Terhadap Pengelolaan Kelas di SMKN 5 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini bertujuan: “Untuk Mengetahui Hubungan Minat Belajar PAI Ditinjau Dari Persepsinya Terhadap Pengelolaan Kelas di SMKN 5 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.” Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang pengelolaan kelas (variabel X), sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar (variabel Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh peserta didik di SMKN 5 Semarang yang berjumlah 1324 siswa yang terdiri dari 42 kelas dengan enam program kejuruan ( teknik gambar bangunan, teknik instalasi tenaga listrik, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan, teknik transmisi telkom, teknik komputer dan jaringan). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah propotional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kuosioner, interview dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Person Product Moment Correlation (PPMC). Dalam hal ini menempuh tiga langkah yaitu: analisis data persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, analisis data minat belajar PAI, dan analisis hubungan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan minat belajar PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hasil yang positif dan signifikan tentang hubungan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan minat belajar PAI di SMKN 5 Semarang diterima. Hal ini membuktikan bahwa pada hasil perhitungan korelasi hitung menunjukkan bahwa nilai r hitung = 0,571 berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikansi koefisien korelasi bahwa rt pada taraf signifikansi 5% = 0,312 dan taraf signifikansi 1% = 0,403. Dengan kata lain H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan minat belajar PAI di SMKN 5 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:52
Last Modified: 26 Aug 2016 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4449

Actions (login required)

View Item View Item