PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DALAM SISTEM PENDIDIKAN AKUNTANSI

Affianto, Jerri (2011) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DALAM SISTEM PENDIDIKAN AKUNTANSI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia globalisasi sekarang ini telah membawa pengaruh yang besar dalam sistem pendidikan akuntansi. Pendidikan akuntansi yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi ditujukan untuk mendidik mahasiswa agar dapat bekerja sebagai seorang Akuntan Profesional yang memiliki pengetahuan di bidang akuntansi. Untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, maka perguruan tinggi harus terus meningkatkan kualitas pada sistem pendidikannya. Faktor yang dapat mendukung keberhasilan pendidikan tinggi akuntansi adalah sikap dan mental mahasiswa dalam mengembangkan kepribadiannya. Kemampuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa pada masa sekarang ini lebih dikenal dengan istilah Emotional Quotient (EQ) atau kecerdasan emosional. Kurangnya kecerdasan spiritual dalam diri seorang mahasiswa akan mengakibatkan mahasiswa kurang termotivasi untuk belajar dan sulit untuk berkonsentrasi, sehingga mahasiswa akan sulit untuk memahami suatu mata kuliah. Kecerdasan spiritual (SQ) mampu mendorong mahasiswa mencapai keberhasilan dalam belajarnya karena kecerdasan spritual merupakan dasar untuk mendorong berfungsinya secara efektif kecerdasan intelektual (IQ). Kecerdasan intelektual (IQ) ini diukur dari Indeks Prestasi (IP). Indeks Prestasi (IP) yang baik dan tinggi, merupakan tolak ukur dari kesuksesan seseorang. Tolak ukur ini tidak salah tetapi tidak seratus persen bisa dibenarkan. Terdapat faktor lain yang menyebabkan seseorang menjadi sukses yaitu adanya kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Populasi dalam penelitian ini mengambil adalah mahasiswa dari Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA). Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 93 mahasiswa jurusan akuntansi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling yaitu metode pengumpulan sampel bukan didasarkan atas strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas tujuan dan kriteria tertentu. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dengan menggunakan metode survey yaitu melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan spiritual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan kecerdasan intelektual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kata kunci : Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Pemahaman Akuntansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:32
Last Modified: 07 Apr 2016 04:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item