NINGSIH, SRI EVA (2025) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE MELALUI MARKETPLACE FACEBOOK DENGAN SISTEM SPLIT PAYMENT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Ilmu Hukum_20302300520_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Ilmu Hukum_20302300520_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
Abstract
Di era saat ini teknologi merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi setiap kalangan, penggunaan teknologi membawa bentuk positif untuk mempermudah komunikasi dan sebagainya, tetapi penggunaan teknologi banyak di salahgunakan seperti penipuan berbasis elektronik atau yang sering terjadi di e-commerce. Perdagangan elektronik (e-commerce) kini sudah mereformasi perdagangan konvensional, dimana yang sebelumnya dilakukan secara langsung, kini menjadi interaksi yang tidak langsung. Pengertian dari pada e-commerce juga tertuang dalam Pasal 1 ayat (2) Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) No. 11 Tahun 2008 yang mengatur, “Transaksi Elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya”. Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan yuridis normatif. Dengan spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif normatif, dimana menggunakan data sekunder dianalisis secara kualitatif. Rumusan masalah dianalisis dengan landasan teori kepastian hukum dan teori penegakan hukum. Hasil penelitian menunjukan tidak adanya aturan yang secara jelas mengatur system pembayaran split payment guna menjadi payung hukum yang bisa melindungi konsumen dalam melakukan transaksi jual-beli online menggunakan fitur Marketplace yang terdapat pada aplikasi Facebook ini yang memungkinkan para konsumen mendapatkan kerugian dikarenakan oleh pihak pelaku usaha pada aplikasi tersebut. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) serta UU ITE adalah Undang-Undang yang di dalamnya mengatur tentang perlindungan konsumen dan juga tentang transaksi online. Sebagai seorang pelaku usaha, sudah menjadi kewajibannya dalam memberi dan memenuhi hak daripada konsumennya. Dengan demikian, konsumen akan mendapatkan hak-haknya sebagai konsumen dan tidak dirugikan oleh pelaku usaha yang melakukan perbuatan tidak baik Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Jual Beli, E-commerce.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |