PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Energi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2019-2023)

Setiawan, Dodi (2025) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Energi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2019-2023). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402100222_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402100222_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kepemilikan manajerial, pertumbuhan penjualan, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Subjek penelitian adalah perusahaan di sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019–2023. Pemilihan sektor energi didasarkan pada perannya yang strategis dalam perekonomian nasional serta fluktuasi signifikan yang terjadi pada indeks sektoral selama periode tersebut. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan total akhir 27 perusahaan atau 135 data observasi. Namun, setelah pengujian normalitas dan penghapusan outlier, data yang digunakan dalam analisis regresi berganda berjumlah 82. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan uji t, uji F, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (2) pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan; (3) pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan; dan (4) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, keempat variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0,007. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 12,4% menunjukkan bahwa model ini hanya mampu menjelaskan variabel dependen secara terbatas. Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41250

Actions (login required)

View Item View Item