Kamarudin, Kamarudin (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PICTORIAL STORY BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI LEWOLEBA, KABUPATEN LEMBATA, PROVINSI NUS TENGGARA TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300398_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300398_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus seperti tunagrahita. Pendekatan yang berbeda diperlukan untuk siswa tunagrahita karena keterbatasan intelektual mereka mempengaruhi pemahaman konsep abstrak. Media pembelajaran yang sesuai, seperti modul berbasis pictorial story (cerita bergambar), dapat membantu mereka memahami materi dengan lebih jelas dan menarik. Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Lewoleba, proses pembelajaran PAI menghadapi tantangan, seperti metode konvensional yang minim media visual, kesulitan dalam menyampaikan materi abstrak, dan keterbatasan infrastruktur. Masalah ini menyebabkan rendahnya motivasi, minat, dan pemahaman siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis pictorial story bagi siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Lewoleba, Kabupaten Lembata. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg dan Gall yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji coba produk, serta revisi dan penyempurnaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul berbasis pictorial story dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam secara signifikan, dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 35% dibandingkan sebelum penggunaan modul. Selain itu, modul ini mendapatkan respon positif dari siswa, di mana 85% peserta didik merasa terbantu dalam memahami materi dengan lebih mudah dan menyenangkan. Dengan demikian, modul ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa tunagrahita di SLB Negeri Lewoleba. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pictorial Story, Tunagrahita
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |