PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MENTARI PAGI DI SD NEGERI 029 LONG KALI KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR

MISTININGSIH, MISTININGSIH (2025) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MENTARI PAGI DI SD NEGERI 029 LONG KALI KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300366_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300366_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran guru PAI, karakter peserta didik, program Mentari Pagi. Penanaman berbagai nilai karakter sejak usia dini merupakan bagian penting dalam proses pendidikan. Seorang Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki tanggung jawab besar dalam mendukung terbentuknya karakter peserta didik, tidak hanya melalui pembelajaran di kelas, tetapi juga melalui kegiatan-kegiatan penunjang di luar kelas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis secara mendalam peran guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik melalui pelaksanaan program Mentari Pagi di SD Negeri 029 Long Kali Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Program Mentari Pagi adalah kegiatan rutin sekolah dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi, mencakup kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha, doa bersama, pembacaan ayat pilihan dalam Al-Qur’an, refleksi nilai-nilai moral, dan pesan-pesan motivatif dari guru, khususnya guru PAI. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara semi-struktural bersama guru PAI, kepala sekolah, beberapa peserta didik, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memainkan beberapa peran penting dalam program Mentari Pagi, yaitu sebagai: (1) Fasilitator, yang memandu kegiatan spiritual dan moral dengan pendekatan yang komunikatif dan inspiratif; (2) Teladan, melalui sikap atau perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Islam; dan (3) Motivator, yang memberikan dorongan semangat dan membentuk kebiasaan baik peserta didik. Program ini terbukti sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, empati, religiusitas, dan kejujuran. Point utama penelitian ini adalah bahwa keterlibatan aktif guru PAI dalam program Mentari Pagi memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik. Peran ini akan lebih maksimal jika didukung oleh budaya sekolah yang positif, kolaborasi antar guru, serta keterlibatan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41095

Actions (login required)

View Item View Item