HUDA, EKO ALAMUL (2025) PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MELALUI LINGKUNGAN SEKOLAH: TELAAH PENDIDIKAN ISLAM DI SD NEGERI TANDANG 01 TEMBALANG SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300319_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300319_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sekolah merupakan lingkungan sosial pertama setelah keluarga dalam membentuk kepribadian dan akhlak siswa. Lingkungan sekolah menjadi faktor penentu terbentuknya akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan akhlak siswa ditinjau dari perspektif pendidikan Islam. Fokus penelitian ini adalah SD Negeri Tandang 01 Tembalang Semarang, yang merupakan salah satu sekolah dasar negeri di wilayah perkotaan dengan latar belakang sosial siswa yang beragam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas IV–VI, guru Pendidikan Agama Islam, guru kelas, kepala sekolah, serta orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah memainkan peran penting dalam membentuk akhlak siswa, baik melalui aspek fisik, sosial, maupun budaya sekolah. Lingkungan fisik seperti kebersihan dan tersedianya fasilitas ibadah turut menciptakan suasana religius. Lingkungan sosial, yang mencakup interaksi antara siswa, guru, dan warga sekolah lainnya, membentuk nilai-nilai seperti kerja sama, toleransi, dan saling menghargai. Sementara itu, budaya sekolah yang diisi dengan kegiatan keagamaan seperti salat duha, tadarus, dan peringatan hari besar Islam secara rutin, berkontribusi terhadap pembiasaan nilai-nilai akhlakul karimah. Dari perspektif pendidikan Islam, pembentukan akhlak merupakan tujuan utama dalam proses pendidikan. Islam memandang bahwa anak lahir dalam keadaan fitrah, dan lingkungan, termasuk sekolah, memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan perilaku. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin baik lingkungan sekolah dikelola baik secara fisik, sosial, maupun spiritual maka semakin besar kontribusinya dalam membentuk siswa yang berakhlak mulia. Oleh karena itu, pembentukan akhlak tidak dapat dipisahkan dari peran sekolah sebagai agen moral yang didukung dengan keteladanan guru dan sinergi dengan orang tua siswa. Kata Kunci: Lingkungan sekolah, akhlak siswa, pendidikan Islam, sekolah dasar, keteladanan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |