Sakiyah, Sakiyah (2025) EVALUASI DAMPAK MUTASI GURU PAI TERHADAP KINERJA PENGAJARAN DI SDN 17 SIMPANG TERITIP BANGKA BELITUNG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300299_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300299_fullpdf.pdf Download (921kB) |
Abstract
Fenomena Mutasi guru ini dapat di jumpai pada beberapa sekolah di Indonesia, salah satunya di SD NEGERI 17 Simpang Teritip. Mutasi atas promosi jabatan di SD NEGERI 17 SIMPANG TERITIP harus sesuai dengan kebutuhan organisasi melalui Kepala Kepegawaian SDN 17 SIMPANG TERITIP dengan melihat struktur organisasi karena adanya penyegaran promosi/ mutase atau bisa pemberhentian sesuai dengan kebutuhan unit di bawah naingan SDN 17 SIMPANG TERITIP , Mutasi dimaksudkan pemindahan pada jenjnang horizontal sama dengan tugas dan pekerjaan sebelumnya. Dalam penelitian ini, peneliti mengadopsi pendekatan kualitatif untuk menggali secara mendalam makna dan pengalaman subjek penelitian terkait dengan [fenomena yang diteliti]. Metode kualitatif dipilih karena kemampuannya untuk memberikan pemahaman yang holistik dan kontekstual mengenai fenomena sosial. Berdasarkan temuan-temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa mutasi guru PAI di SDN 17 Simpang Teritip memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja pengajaran. Dampak ini bersifat kompleks, baik dalam aspek kualitas pengajaran, hubungan guru dan siswa, maupun pencapaian tujuan pembelajaran. Namun, tantangan yang dihadapi oleh guru baru, baik dalam hal adaptasi dengan kurikulum, lingkungan sekolah, maupun hubungan interpersonal, dapat diatasi dengan waktu dan dukungan dari pihak sekolah. Evaluasi terhadap dampak mutasi guru PAI di SDN 17 Simpang Teritip menghasilkan temuan yang kompleks. Terdapat sejumlah perubahan signifikan yang terjadi dalam dinamika pembelajaran pasca mutasi. Di satu sisi, mutasi ini telah membawa angin segar dengan hadirnya guru-guru baru yang memiliki perspektif dan metode pengajaran yang berbeda. Hal ini berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan variasi dalam pendekatan pengajaran. Namun, di sisi lain, proses adaptasi yang tidak berjalan mulus juga menimbulkan sejumlah tantangan, seperti kesulitan dalam membangun hubungan yang baik dengan siswa dan rekan sejawat, serta perbedaan dalam gaya mengajar. Kata Kunci: Evaluasi, Mutasi Guru, Kinerja, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |