EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENCEGAH PERILAKU MENYIMPANG PADA PESERTA DIDIK DARI KELUARGA BROKEN HOME DI MA NU MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2024/2025

NURAIN, NAJWA AULIA (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENCEGAH PERILAKU MENYIMPANG PADA PESERTA DIDIK DARI KELUARGA BROKEN HOME DI MA NU MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100090_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100090_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik dan membentengi mereka dari perilaku menyimpang. Realitas di MA NU Mranggen Demak menunjukkan adanya siswa yang berasal dari keluarga broken home, yang berpotensi menghadapi gangguan emosional dan moral akibat kurangnya perhatian dan pengawasan dari lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MA NU Mranggen, bentuk perilaku menyimpang yang terjadi pada siswa broken home, serta efektivitas pembelajaran tersebut dalam mencegah perilaku menyimpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru Akidah Akhlak dan siswa yang berasal dari keluarga broken home. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan secara sistematis dengan metode ceramah, diskusi, dan keteladanan. Siswa broken home cenderung menunjukkan perilaku menyimpang seperti kurang disiplin, mudah emosi, dan menarik diri dari lingkungan sosial. Namun, dengan pendekatan personal dari guru dan penanaman nilai-nilai akhlak secara intensif, siswa mulai menunjukkan perubahan perilaku ke arah yang lebih positif. Kesimpulannya, pembelajaran Akidah Akhlak di MA NU Mranggen efektif dalam mencegah perilaku menyimpang, khususnya pada siswa yang berasal dari keluarga broken home. Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak; Perilaku Mneyimpang; Keluarga Broken Home

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41045

Actions (login required)

View Item View Item