PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL-AZHAR 14 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

PUTRI, AGISTA ADELIA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL-AZHAR 14 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100026_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP 14 Al-Azhar Semarang, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pai di SMP Islam Al-Azhar 14 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilaksanakan pada bulan Mei 2025, dengan metode kuantitatif asosiatif dengan perspektif hubungan (kausal) dan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 123 peserta didik, dan data diperoleh melalui kuesioner (skala Likert) serta dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji deskriptif, uji asumsi klasik berupa uji normalitas Uji Reliabilitas dan uji linieritas, serta uji hipotesis berupa uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terdapat pengaruh signifikan penggunan platform quizizz terhadap mata pelajaran PAI di SMP Islam Al-Azhar 14 Semarang sebesar 39% (koefisien determinasi), sedangkan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci: Quizizz; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2025 09:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41003

Actions (login required)

View Item View Item