Febriana, Nafi Laila (2025) TANTANGAN GURU PAI DALAM MENGHADAPI GENERASI ALPHA: KEBUTUHAN PEMBARUAN METODE BELAJAR PADA ERA DIGITAL (STUDI KASUS SDN 2 SENGONWETAN GROBOGAN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100010_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100010_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan belajar generasi Alpha serta menganalisis upaya yang dilakukan guru PAI dalam mempersiapkan metode belajar era digital di SDN 2 Sengonwetan Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari guru PAI dan peserta didik. Hasil penelitian menujukkan menunjukkan bahwa Generasi Alpha memiliki kecenderungan belajar yang visual, interaktif, serta cepat dalam mengakses informasi, namun memiliki rentang perhatian yang pendek. Dalam menghadapi tantangan tersebut, guru PAI di SDN 2 Sengonwetan melakukan berbagai upaya, seperti peningkatan literasi digital, pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi, serta pengembangan metode interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi metode pembelajaran PAI agar sesuai dengan karakteristik generasi digital dan tetap mampu menanamkan nilai-nilai keislaman secara efektif. Kata Kunci: Guru PAI, Generasi Alpha, Metode Belajar, Era Digital. Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |