Dhuka, Syamsu (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI PERUNDUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP PGRI 1 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501800136_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501800136_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi perundungan peserta didik di SMP PGRI 1 Demak. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi perundungan peserta didik di SMP PGRI 1 Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu 1). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Perundungan Peserta Didik di SMP PGRI 1 Demak yakni guru sebagai pendidik, pembimbing, pengarah, penilai dan pengevaluasi. 2) Faktor pendukung dalam menanggulangi perundungan peserta didik di SMP PGRI 1 Demak diantaranya kesadaran warga sekolah dalam menerapkan nilai-nilai agama yang positif, materi PAI yang kaya akan nilai, dan kerja sama dan koordinasi antar warga sekolah. Faktor penghambat dalam menanggulangi perundungan peserta didik di SMP PGRI 1 Demak diantaranya faktor lingkungan pergaulan siswa, serta pengaruh negatif teknologi. Kata Kunci: Peran Guru; Perundungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |