PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN

NUGROHO, TITO SETYO (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100038_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100038_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan aplikasi Quizizz terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-eksperimen dengan pola one group pre-test post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 34 Semarang tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang diberikan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan skor pre-test dan post-test. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dengan nilai signifikansi (p) = 0,000 < 0,05. Selain itu, perhitungan nilai N-Gain menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Team Games Tournament berbantuan Quizizz berpangaruh positif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament yang diintegrasikan dengan media interaktif seperti Quizizz dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, khususnya dalam materi pecahan, dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kolaboratif, dan kompetitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40862

Actions (login required)

View Item View Item