ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIS MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

UTAMI, REZKYMA NISYA AULIA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIS MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100035_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) merupakan inovasi teknologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan dan menjadi strategi dalam pembelajaran inovatif di era sekarang. Teknologi AI menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dengan menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, personal dan adaptif, termasuk dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika memiliki peranan penting dalam pengembangan kemampuan kognitif mahasiswa dengan memahami konsep yang abstrak dan penyelesaian masalah matematis, mahasiswa diharapkan mampu menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya penerapan AI dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi masih relatif baru dan masih menghadapi berbagai tantangan, sehingga diperlukan analisis lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kategori kemampuan kognitif matematis mahasiswa terhadap penggunaan AI serta menyelidiki persepsi mahasiswa setelah penerapan teknologi AI dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu instrument tes, kuesioner, dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 mahasiswa prodi pendidikan matematika angkatan 2022 di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AI dapat meningkatkan kemampuan kognitif matematis mahasiswa, terutama dalam membantu memahami materi dan tugas yang bersifat abstrak. Dengan pengintegrasian platform AI mahasiswa merasa adanya peningkatan motivasi belajar selama perkuliahan. Mahasiswa telah mampu menjelaskan kembali proses penyelesaian yang diperolehnya dari bantuan AI, karena mereka akan tetap mencari sumber lainnya untuk mengecek atau mencari tambahan informasi selain dari AI. Dengan demikian penggunaan AI tidak menggantikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, melainkan sebagai alat bantu dalam menganalisis permasalahan matematika serta sebagai sumber informasi tambahan terhadap materi yang dipelajarinya. Kata Kunci: Artificial Intelligence, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Kognitif Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40860

Actions (login required)

View Item View Item