ANALISIS PROSES BERPIKIR DESAIN DALAM PENYELESAIAN MASALAH GARIS SINGGUNG LINGKARAN BERBANTUAN GEMINI

MU’AWANAH, LU’LU’UL (2025) ANALISIS PROSES BERPIKIR DESAIN DALAM PENYELESAIAN MASALAH GARIS SINGGUNG LINGKARAN BERBANTUAN GEMINI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100030_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100030_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Garis singgung lingkaran kerap menjadi tantangan dalam pembelajaran geometri karena menuntut pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Dalam konteks ini, pendekatan berpikir desain yang didukung oleh teknologi seperti Gemini dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan efektivitas penyelesaian masalah matematika, khususnya materi garis singgung lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana proses berpikir desain siswa dalam penyelesaian masalah garis singgung lingkaran berbantuan Gemini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI yang dikategorikan tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir desain kepada 30 siswa dan wawancara dilakukan terhadap 2 mahasiswa untuk setiap tingkat tinggi, sedang, rendah. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal tes berpikir desain siswa dengan kategori tinggi mampu memenuhi tiga sampai empat dari lima tahapan berpikir desain. Siswa dengan kategori sedang mampu memenuhi tiga dari lima tahapan berpikir desain. Siswa dengan kategori rendah mampu memenuhi dua dari lima tahapan berpikir desain. Kesamaan dari ketiga kategori adalah mampu memenuhi dua tahapan berpikir desain, yaitu emphatize dan prototype. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan tahap yang paling dekat dengan aktivitas dasar penyelesaian masalah matematika, seperti membaca soal dan menyelesaikannya secara prosedural, sehingga lebih familiar. Kata Kunci: Berpikir Desain, Penyelesaian Masalah, Garis Singgung Lingkaran, Gemini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40858

Actions (login required)

View Item View Item