ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Prastika, Dhiemas Roro Indry (2025) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100013_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang harus dikembangkan dalam proses pendidikan, khususnya dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun, kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah akibat metode pembelajaran yang cenderung konvensional dan kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan implementasi model pembelajaran make a match dengan model make a match yang dimodifikasi serta mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan kedua model tersebut pada materi persamaan linier satu variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VIII SMP Al-Huda Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap proses pembelajaran menggunakan model make a match yang dimodifikasi. Fokus penelitian ini adalah menganalisis perbedaan implementasi kedua model pembelajaran serta dampaknya terhadap kemmapuan berpikir kritis siswa. Pada penelitian ini data dianalisis mellaui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match yang dimodifikasi lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan model make a match biasa. Modifikasi yang dilakukan berupa penambahan fitur interaktif seperti emotikon saat siswa menjawab soal di depan kelas, serta penyajian soal yang lebih menantang dan mendorong diskusi aktif antar kelompok. Model make a match yang dimodifikasi tidak hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tetapi juga mampu meningkatkan rasa percaya diri, motivasi, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, model ini direkomendasikan untuk diterapkan sebagai alternatif pembelajaran inovatif dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika di SMP. Kata Kunci: Make a Match, modifikasi model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, matematika, persamaan linier satu variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40848

Actions (login required)

View Item View Item