NASRULOH, ARZU (2025) KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY; PERSPEKTIF GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100011_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100011_fullpdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality (AR) ditinjau dengan gaya kognitif siswa field independent dan Field Dependent materi bangun ruang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Salem, dengan 2 siswa gaya kognitif field independent dan Field Dependent yang dipilih berdasarkan hasil tes GEFT dan hasil tes kemampuan spasial. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes tertulis dan wawancara. Prosedur pengumpulan data mencakup teknik wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis secara bertahap melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif Field Independent mampu memahami objek spasial secara lebih mandiri, sistematis, dan mendalam, serta dapat menghubungkan berbagai representasi geometri secara lebih fleksibel. Sebaliknya, siswa bergaya Field Dependent menunjukkan pemahaman yang lebih terbatas dan cenderung bergantung pada bantuan visual atau petunjuk dari luar. Penggunaan media pembelajaran berbasis AR membantu kedua tipe siswa dalam meningkatkan pemahaman spasial mereka, meskipun efektivitasnya lebih optimal pada siswa Field Independent. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengintegrasian teknologi AR dalam pembelajaran bangun ruang dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa, terutama ketika disesuaikan dengan gaya kognitif masing-masing individu. Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Gaya Kognitif, Field Independt, Field Dependent, Augmented Reality
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |