PUTRI, AMININA (2025) DESAIN MODUL AJAR KESEBANGUNAN BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN ETNOMATEMATIKA RUMAH OSING BANYUWANGI UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100010_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100010_fullpdf.pdf Download (9MB) |
Abstract
Modul Ajar kesebangunan berbasis problem-based learning dengan etenomatematika rumah osing Banyuwangi di desain untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. Dengan mengaitkan etnomatematika pada materi kesebangunan terutama dengan menggunakan model pembelajarana berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif serta dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai etnomatematika budaya daerah lokal. Oleh karena itu tujuan dari modul berbasis masalah ini adalah untuk digunakan sebagai salah satu modul yang valid dan juga praktis untuk meningkatkan literasi numerasi siswa pada materi kesebangunan dan berkaitan dengan etnomatematika budaya daerah lokal. Penelitian ini mengunakan metode pengembangan atau R&D (Reasearch and Development). Subject dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gambiran, sebanyak 30 siswa. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE, dimana model ini memiliki 5 tahapan utama yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tahap pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi media dan juga validasi materi, serta angket respon guru dan siswa. Analisis data yang diterapkan adalah uji ahli media dan ahli materi, uji kepraktisan yang melalui angket respon guru dan siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa modul kesebangunan berbasis problem-based learning dengan etnomatematika untuk memfasilitasi literasi numerasi memenuhi kriteria valid dan praktis. Modul ini mendapatkan skor dari ahli materi dan media sebesar 4,65 dan 4,5 dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk hasil kepraktisan mendapatkan skor 4,37 yang di peroleh dari respon guru dan siswa sehingga menunjukkan hasil yang praktis. Kata kunci: Modul Berbasis Problem-Based Learning, Kesebangunan, Etnomatematika, Literasi Numerasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |