HIDAYAH, LUTFI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA LIVEWORKSHEETS BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI NILAI ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100007_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100007_fullpdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media liveworksheets berbasis discovery learning terintegrasi nilai Islam yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Tingkat kevalidan ditinjau dari dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, tingkat kepraktisan ditinjau oleh respon guru dan siswa SMP Hasanuddin 10 Semarang setelah melakukan pembelajaran menggunakan media liveworksheets berbasis discovery learning terintegrasi nilai Islam. Adapun pada tingkat keefektifan ditinjau berdasarkan kentuntasan individual, ketuntasan klasikal, dan hasil N-Gain yang menunjukkan perbandingan nilai pretest dan posstest. Penelitian pengembangan media liveworksheets berbasis discovery learning terintegrasi nilai Islam dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini termasuk pada peneltian R&D (Research & Development) dengan metode ADDIE (analyze, design, development, implemenation, and evaluation). Media liveworksheets berbasis discovery learning dikembangkan melalui aplikasi canva dan website liveworksheets. Canva digunakan untuk membuat desain E-LKPD yang akan dimasukkan pada website liveworksheets. Setelah produk telah dibuat, maka akan dilakukan tiga uji yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal pretest, soal posttest, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menghasil produk media liveworksheets berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil kevalidan dari ketiga ahli yakni ahli media diperoleh nilai kevalidan 95% dan ahli materi diperoleh 91%. Hasil uji kepraktisan dari respon guru dan respon siswa berturut-turut yaitu 93% dan 84%. Selanjutnya, hasil uji keefektifan berdasarkan ketuntasan individual, ketuntasan klasikal, dan N-Gain diperoleh peningkatan hasil posttest sebesar 0,6572 yang termasuk ke dalam kategori sedang dan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sebagai tindak lanjut, media ini dapat digunakan dan dikembangkan lebih lanjut lagi dalam proses pembelajaran matematika Peneliti selanjutnya juga disarankan untuk mengembangkan media ini pada materi pelajaran dan jenjang pendidikan yang berbeda. Kata Kunci: Liveworksheets, Discovery Learning, Nilai Islam, Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |