YASINTA, ELSA (2025) PENGARUH MODEL JOYFULL LEARNING BERBANTUAN PULL OUT PHOTO MATH BOX DENGAN AUGMENTED REALITY TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100001_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100001_fullpdf.pdf Download (15MB) |
Abstract
Literasi matematika siswa di tingkat SMP masih tergolong rendah, salah satu penyebab utamanya adalah penggunaan model pembelajaran yang monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Pendekatan konvensional yang berfokus pada hafalan rumus dan prosedur cenderung membuat siswa pasif, kurang tertarik, dan tidak mampu mengaitkan konsep matematika dengan konteks kehidupan nyata. Kondisi ini menuntut adanya inovasi dalam strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan membangun pemahaman matematis yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model joyfull learning berbantuan media pull out photo math box dengan augmented reality (AR) terhadap literasi matematika siswa. Literasi matematika merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21, namun sering kali belum berkembang optimal melalui metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental (one group pretest-posttest). Sampel penelitian adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Trangkil. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan skor literasi matematika sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model joyfull learning berbantuan pull out photo math box. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model joyfull learning berbantuan pull out photo math box dengan augmented reality terhadap peningkatan literasi matematika siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis teknologi interaktif dapat menjadi alternatif strategi yang efektif dalam meningkatkan literasi matematika. Kata Kunci: Joyfull Learning, Pull Out Photo Math Box, Augmented Reality, Literasi Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:52 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |