PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SDN SURODADI 1

ULYA, SILVIA AZKIYATUL (2025) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SDN SURODADI 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100126_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100126_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar diperlukan inovasi baru agar kegiatan pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas adalah model pembelajaran realistic mathematics education dengan berbantuan media baamboozle. Model pembelajaran ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menarik, dan meningkatkan motivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media Baamboozle terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di SDN Surodadi 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-experimental Design dan bentuk penelitian one-group pretest and posttes. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dan uji paired sample t test. Hasil dari penelitian ini dengan berbantuan SPSS dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditotak dan Ha diterima. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbantuan media bamboozle memiliki dampak positif terhadap kemampuan numerasi siswa. Kata Kunci: Baamboozle, Realistic Mthematics Education, Numerasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40831

Actions (login required)

View Item View Item