PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI ADIKARTO 1 KELAS V

MASRUROH, YENI KHABIBATUL (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI ADIKARTO 1 KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100125_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100125_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika yang disebabkan oleh metode pengajaran yang konvensional dan kurangnya pemanfaatan media digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen dan menggunakan model one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Adikarto 1 yang dipilih melalui teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang telah divalidasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pretest 51.92 meningkat menjadi 80,38 pada nilai postest. Uji statistik Paired Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang membuktikan adanya pengaruh signifikan dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi kahoot terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Adikarto 1. Berdasarkan temuan ini, disarankan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini lebih luas dalam pembelajaran, baik pada mata pelajaran matematika maupun mata pelajaran lainnya. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kahoot, Hasil Belajar Kognitif, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40830

Actions (login required)

View Item View Item