PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS 5

YULIANA, MAGHFIRA IZZANI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS 5. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100123_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100123_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan model Game Based Learning berbantuan media Quizizz Paper Mode pada pelajaran IPAS di kelas 5. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yakni Pre Experimental Designs dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penenlitian ini melibatkan 18 Siswa kelas 5 sekolah dasar. Pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan statistic uji paired sample T-Test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian Uji Paired Samplel T-Test diperolah nilai signifikansi0.000 < p = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima serta hasil Uji N-Gain mengalami pengingkatan sebesar 66%. Dengan demikian penerapan game based learning mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada pembelajaran IPAS. Kata Kunci: Game Based Learning, Berpikir Kritis, Quizizz, IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40829

Actions (login required)

View Item View Item