PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 3 DI SDN 1 PAPASAN

RETA, ERIKA PUTRI AMANDA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 3 DI SDN 1 PAPASAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100119_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100119_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media educalay terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 3 SDN 1 Papasan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media educaplay terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 3. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini melibatkan 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, rata-rata nilai pretest sebesar 53,75 dan postest sebesar 73,25. Dibuktikan dengan melalui uji paired sample t-test hasil terlihat pada kolom lower dan upper, kedua nilai tersebut memperoleh nilai negative yaitu lower -23.750 dan upper -15.250 dan memperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000 dalam artian sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media educaplay siswa kelas 3 di SDN 1 Papasan. Kata Kunci: PBL, Educaplay, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40828

Actions (login required)

View Item View Item