ROHMATUN, ANIS (2025) PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN TEMPURAN 1 PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100117_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100117_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siwa kelas V pada pelajaran Pendidikan Pancasila. Sehingga diperlukan sebuah inofasi baru yang dapat membuat kegiatan belajar mengajar jadi lebih aktif dan efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dikelas yaitu Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Team Games Tournament berbantuan media PowerPoint terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN Tempuran 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-eksperiment dengan desain One Group Pretest Posttest. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test. Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t test diperoleh tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TGT berbantuan media PPT berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Tempuran 1. Dengan demikian, model TGT berbantuan media PPT dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Team games tournament, berpikir kritis, pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |