PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING MELALUI MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP KONSEP PECAHAN KELAS V SDN GENUKSARI 01

ULFA, MARIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING MELALUI MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP KONSEP PECAHAN KELAS V SDN GENUKSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100103_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100103_fullpdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) melalui multimedia terhadap pemahaman peserta didik pada konsep pecahan di kelas V SDN Genuksari 01. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan yang bersifat abstrak dan kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen tipe Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa, yang dibagi dalam dua kelas: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 12 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data hasil posttest dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U karena data kelas eksperimen tidak berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran PBL melalui multimedia terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan. Penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan model PBL berbasis multimedia sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Problem-Based Learning, multimedia, pemahaman konsep, pecahan, matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40824

Actions (login required)

View Item View Item