ERNAWATI, SITI FITRIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAJUSUN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN BERSUSUN SISWA KELAS II SDN PAMONGAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100093_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100093_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media PAJUSUN (Papan Penjumlahan Bersusun) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi penjumlahan bersusun siswa kelas II SDN Pamongan 1. Sebab terdapat permasalahan yaitu rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan bersusun, seperti siswa kurang mampu dalam menempatkan satuan dan puluhan, serta kurangnya pemahaman siswa pada teknik tidak menyimpan dan teknik menyimpan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan media PAJUSUN terhadap pemahaman konsep penjumlahan bersusun pada siswa. Menggunakan metode kuantitatif dengan pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II SDN Pamongan 1 dengan teknik sampling jenuh sebanyak 24 siswa. Hasil analisis data yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media PAJUSUN (Papan Penjumlahan Bersusun) terhadap pemahaman konsep penjumlahan bersusun siswa kelas II SDN Pamongan 1. Sebagaimana, terlihat dalam uji paired sample t-test dengan mendapatkan hasil pada kolom Lower memiliki nilai negatif sebesar -39,912 dan pada kolom Upper memiliki nilai negatif sebesar -21,088 serta, pada kolom Sig. (2-tailed) memperoleh nilai 0,000. Sehingga, berdasarkan perolehan hasil pengujian yang terlihat bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. Selain itu hasil validasi media PAJUSUN menunjukkan kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 94%. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Media PAJUSUN, Pemahaman Konsep, Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |