ANALISIS TUTURAN IMPERATIF DALAM KOMUNIKASI SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD ISLAM SULTAN AGUNG 4

HANDAYANI, ROSITA TRISIA (2025) ANALISIS TUTURAN IMPERATIF DALAM KOMUNIKASI SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD ISLAM SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100092_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100092_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tuturan imperatif dalam komunikasi siswa pada proses pembelajaran di kelas V Sd Islam Sultan Agung 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara siswa. Pada teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, display data, serta kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Tuturan Imperatif yang paling sering digunakan di kelas V SD Islam Sultan Agung 4 adalah kalimat imperatif bentuk perintah dan permintaan yang disampaikan kepada guru ke siswa, maupun siswa dengan teman sebayanya. Wujud tuturan imperatif dalam bentuk permintaan lebih banyak dan lebih sering digunakan. Tuturan imperatif berkontribusi terhadap komunikasi, kolaborasi, dan memperkuat keterlibatan siswa dalam pembelajaran. selain itu, penggunaan tuturan imperatif yang tepat dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan prduktif. Kesimpulan dari penelitian ini selama pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi untuk memberikan pelajaran, tetapi juga mencerminkan cara siswa berinteraksi dengan masyarakat di sekitar mereka. Tergantung pada siapa lawan bicaranya, situasi yang sedang berlangsung, dan kebiasaan yang berkembang di sekolah. Kata kunci : Tuturan Imperatif, Komunikasi Siswa, Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40817

Actions (login required)

View Item View Item