PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN SIPER-MAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD

AULIA, RAFIKA ITSNA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN SIPER-MAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100088_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media papan SIPER-MAN terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, yang disebabkan oleh penggunaan model serta media pembelajaran yang kurang inovatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media papan SIPER-MAN terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen dan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 16 siswa kelas VA di SD Islam Al Fattah. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan perlakuan. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran project based learning berbantuan media papan SIPER-MAN yang dibuktikan dengan peningkatan pada nilai posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tersebut efektif berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Kata kunci: Project Based Learning, papan SIPER-MAN, kemampuan berpikir kritis, IPAS, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40815

Actions (login required)

View Item View Item