MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK BERBANTUAN DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SDN GENUKSARI 02

FADHILAH, PUTRI RAHMA (2025) MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK BERBANTUAN DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SDN GENUKSARI 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100086_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100086_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPAS, siswa bingung langkah pertama apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik berbantuan diorama terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS siswa kelas III SDN Genuksari 02. Instrumen yang digunakan yaitu tes, dimana peneliti memberikan pretest dahulu kepada siswa sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest dengan subjek penelitian sebanyak 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yakni Uji Paired Sample T-Test melalui program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa 32,36 mengalami peningkatan saat posttest menjadi 84,55. Perolehan nilai signifikansi uji Paired Sample T-Test sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Visual Auditori Kinestetik berbantuan diorama berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS siswa kelas III SDN Genuksari 02. Kata Kunci: Visual Auditori Kinestetik, Diorama, Pemahaman Konsep, IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40813

Actions (login required)

View Item View Item