PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 3 BRABO

NISA, NUR’AINI LUTFIN (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 3 BRABO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100082_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100082_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Pengaruh problem based learning berbantuan wordwall terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 3 Brabo. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Brabo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Brabo yang berjumlah 20 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang mengukur tiga indikator berpikir tingkat tinggi, yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 33,3 menjadi 67,7 pada posttest. Hasil penelitian dengan SPSS menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan dari uji paired sampel t test menghasilkan perhitungan tes yaitu nilai Sig 2-tailed = 0,000 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya, terdapat perbedaan model problem based learning berbantuan wordwall terhadap kemampuan berfikir Tingkat tinggi pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 3 Brabo. Kata kunci: Problem Based Learning, Wordwall, Berpikir Tingkat Tinggi, Matematika, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40810

Actions (login required)

View Item View Item