EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SDN SINDANG 01

NURZAMAN, MUHAMMAD AKMAL (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SDN SINDANG 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100077_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100077_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji efektivitas pembelajaran dengan model berbasis masalah dalam mengembangkan kecakapan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Sindang 01. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pada analisis data. Desain yang diterapkan pada penelitian, yakni Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data penelitian memakai teknik tes yang berjumlah 10 soal uraian. Penelitian melibatkan populasi seluruh siswa kelas V di SDN Sindang 01, dengan sampel yang terdiri dari 20 siswa. Melalui hasil paired sample t-test didapat nilai Sig. 0,001<0,05, yang diartikan terdapat pengaruh antara hasil pretest dan posttest. Hasil n-gain yang mencapai 0,72 membuktikan efektifitas peningkatan kecakapan berpikir kritis yang segnifikan. Pembelajaran dengan model berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan kecakapan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Sindang 01. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40805

Actions (login required)

View Item View Item