KAMALUDIN, MUHAMMAD FARIS (2025) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100076_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100076_fullpdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPAS kelas V SD. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pamongan 1 sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian sebanyak 10 butir yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 53,69 menjadi 82,23 pada posttest. Berdasarkan analisis dengan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis Project Based Learning dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS. Kata Kunci: Project Based Learning, Pendekatan Kontekstual, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |