MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD

KAMALUDIN, MUHAMMAD FARIS (2025) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100076_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100076_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPAS kelas V SD. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pamongan 1 sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian sebanyak 10 butir yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 53,69 menjadi 82,23 pada posttest. Berdasarkan analisis dengan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis Project Based Learning dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS. Kata Kunci: Project Based Learning, Pendekatan Kontekstual, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40804

Actions (login required)

View Item View Item