MUNA, LIYA FAUZUL (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK EKOSISITEM HARMONIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100070_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100070_fullpdf.pdf Download (11MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran berbentuk e- book interaktif yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman sains siswa tentang materi ekosistem yang ada di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya literasi sains siswa, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang kontekstual, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa di era modern. Untuk penelitian ini, metode Research and Development (R&D) digunakan, bersama dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. 22 siswa yang berada di kelas V di SD Negeri 1 Tajemsari adalah subjek penelitian ini. Angket untuk validasi media oleh ahli, angket untuk respons guru dan siswa, dan tes pre- dan post-test digunakan untuk mengukur efektivitas media. Hasil validasi dari ahli media, materi, dan bahasa menunjukkan bahwa e-book interaktif termasuk dalam kategori "Sangat Layak" untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil angket kepraktisan menunjukkan bahwa 92% guru dan 89,6% siswa menunjukkan bahwa media tersebut termasuk dalam kategori "Sangat Praktis". Selain itu, nilai rata-rata pre-test dan post-test meningkat dari 72 menjadi 92,4%. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 ditemukan oleh Uji Sampel Paired T-Test, yang menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media. Oleh karena itu, media e-book interaktif dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA, khususnya yang berkaitan dengan materi ekosistem. Selain itu, mereka memiliki kemampuan untuk meningkatkan secara signifikan pengetahuan sains siswa. kata kunci: E-book Interaktif, Literasi Sains, Ekosistem, IPAS, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |