HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA DI SD NEGERI ASEMPAPAN

DIANA, FINA PUTRI (2025) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA DI SD NEGERI ASEMPAPAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100061_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Kedisiplinan belajar merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung proses belajar yang optimal. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi nilai yang dianalisis untuk mengetahui adanya hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar kognitif matematika. Semakin tinggi tingkat kedisiplinan belajar siswa, maka semakin baik pula pencapaian hasil belajar kognitif mereka, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40798

Actions (login required)

View Item View Item