PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GAYA DI SEKITAR KITA IPA KELAS IV SD ISLAM AL FATTAH

AMALIA, FAZA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GAYA DI SEKITAR KITA IPA KELAS IV SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100060_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100060_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA, khususnya materi Gaya di Sekitar Kita di kelas IV SD Islam Al Fattah. Masalah yang diangkat adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang teramati melalui hasil belajar sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen quasi- experimental non-equivalent control group design. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model Word Square dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 53,08 dan posttest sebesar 71,04. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Word Square berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Saran yang diberikan adalah agar guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif, seperti Word Square, untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa di kelas. Kata kunci: Model Pembelajaran, Word Square, dan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40797

Actions (login required)

View Item View Item