UTAMI, ERINA MUMPUNI TRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100059_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100059_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang membantu siswa dalam memahami konsep, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah menjadi perhatian karena dapat mempengaruhi hasil belajar pada semua mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan media interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design, yang berfokus pada satu kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest di SD Islam Sultan Agung 4. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Islam Sultan Agung 4. Sampel penelitian adalah siswa kelas III A SD Islam Sultan Agung 4. Teknik pengumpulan data meliputi observasi awal, wawancara, dan penelitian dengan menggunakan pretest, treatment, dan posttest. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, dan daya pembeda serta tingkat kesukaran, serta melalui tahap analisis data awal dan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning berbantuan media interaktif berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) pada hasil uji hipotesis Paired Sample T-Test yaitu 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Secara praktis, penelitian ini bermanfaat bagi guru karena model Project Based Learning berbantuan media interaktif dapat diterapkan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya pada mata pelajaran IPAS. Secara teoritis, penelitian ini mendukung teori yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif yang pada akhirnya dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Media Interaktif, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |