PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAMES BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SDN PONCORUSO

NURUL A’INI, ANGELICA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAMES BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SDN PONCORUSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100037_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100037_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Games Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SD Negeri Poncoruso khususnya kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan pre eksperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Pengujian data dilakukan melalui uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil analisis data melalui uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,893 untuk pretest dan 0,934 untuk posttest. Karena kedua nilai tersebut lebih besar dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sementara itu, hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Hı diterima. Dengan demikian, model pembelajaran Games Based Learning terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Poncoruso, dan direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif di sekolah dasar. Kata kunci : Games Based Learning, kemampuan berpikir kritis, pendidikan, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40789

Actions (login required)

View Item View Item