EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA GEDUNG SEMARANG CIREBON STOOMTRAM

NADIYYA, AHSANU (2025) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA GEDUNG SEMARANG CIREBON STOOMTRAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100032_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100032_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeskplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada bangunan Semarang-Cirebon Stoomtram. Dengan hasil eksplorasi berupa konsep matematika yang terdapat pada bangunan Semarang-Cirebon Stoomtram dapat memperkenalkan konsep matematika secara langsung kepada siswa serta dapat menambah inovasi pembelajaran bagi guru dalam materi geometri. Penelitian kulitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan terhadap data kualitatif (bentuk bangunan Semarang-Cirebon Stoomtram). Hasil penelitian dianalisis dengan mengidentifikasi konsep matematika yang terkandung dalam bangunan Semarang-Cirebon Stoomtram dan kemudian dideskripsikan sesuai dengan sifat-sifatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian yang terdapat pada bangunan Semarang-Cirebon Stoomtram memunculkan konsep matematika serta budaya atau bisa disebut dengan istilah Etnomatematika. Konsep-konsep matematika yang terdapat pada bangunan Semarang Cirebon Stoomtram adalah atap bangunan yang menyerupai bentuk prisma segitiga, balok, trapesium, pintu yang menyerupai bentuk persegi panjang, jendela yang menyerupai bentuk persegi panjang, lingkaran, lorong yang memanjang dengan lengkungan di bagian atas menyerupai bentuk setengah lingkaran, segitiga siku-siku, ubin lantai menyerupai bentuk persegi, dan plafon yang menyerupai bentuk persegi dan terdapat lingkaran di tengahnya. Konsep etnomatematika pada bangunan Semarang-Cirebon Stoomtram dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mengenalkan budaya dan sejarahnya, sehingga bisa memperkuat pemahaman siswa terkait budaya mereka sendiri. Kata kunci : Etnomatematika, Etnografi, dan Semarang-Cirebon Stoomtram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40786

Actions (login required)

View Item View Item